Senin, 18 Desember 2017

CBT PAS Gasal 2017



Grislo@post
.Proses pembelajaran di akhir semester gasal ditutup dengan pelaksanaan PAS. Penilaian Akhir Semester (PAS) semester gasal tahun ajaran 2017/2018 dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 13 Desember 2017. PAS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Khususnya kelas XII mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika dilaksanakan dengan sistem CBT (Computer Based Test). Sedangkan untuk kelas X dan kelas XI dilakukan PBT (Paper Best Test). Soal PAS yang diUjian Nasionalkan dibuat dan disusun oleh MKKS Surakarta. Mapel selain yang diUNkan disusun sendiri oleh sekolah.
 PAS dengan CBT baru dapat dilakukan untuk kelas XII, hal ini karena masih keterbatasan komputer dan ruang lab. Komputer. Harapan pelaksanaan PAS dengan CBT khusus kelas XII agar siswa terbiasa mengerjakan soal yang diUNkan seperti pelaksanaan Ujian Nasional sesungguhnya. Aplikasi yang digunakan untuk CBT PAS menggunakan aplikasi moodle. Aplikasi ini dapat dibuat mendekati aplikasi UN.
Melalui CBT proses PAS semakin lebih baik, siswa lebih jujur dan sportif. Cara menjawabnya sistem CBT lebih praktis dan sederhana dibandingkan dengan sistem PBT. Siswa tinggal login dan mengerjakan soal, untuk menjawab tinggal mengklik jawaban yang benar. Sedangkan menggunakan PBT siswa harus menghitamkan pada embar jawab Komputer yang telah disediakan. Selintas lebih mudah di CBT, namun kenyataanya hasil CBT dan PBT jaun lebih baik dengan PBT. Hal ini pada soal CBT, soal diacak sehingga siswa tidak dapat nyontek dengan siswa sampingnya.
PAS menggunakan PBT soal hanya satu paket, sehinggga satu ruang ujian yang berisi duapuluh siswa soalnya sama. Peluang mencontek teman samping atau depannya masih memungkinkan. Hasil CBT lebih valid dibandingkan dengan PBT. CBT dilaksanakan di ruang komputer dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama pukul 07.30 s.d 09.30. Sesi kedua dimulai pukul 10.00 s.d 12.00. Sesi terakhir pukul 12.30 s.d 14.30. Semoga dengan menggunakan CBT siswa semakin sportif dalam mengerjakan ujian. Wallahu a’lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar