Rabu, 04 April 2018

Teknik Kendaraan Ringan Menggelar Persiapan UKK 2018


(grislopost) Ujian Kompetensi Keahlian, salah satu penilaian akhir kompetensi keahlian menjadi salah satu syarat kelulusan SMK. UKK sebagai Hajatan utama di SMK menjadi ujian yang sangat penting, untuk memperoleh sertifikat kompetensi keahlian. Pelaksanaannya mulai tanggal 12 April sampai dengan 27 April 2018.
Tim penguji UKK Internal
Pada tahun ajaran 2017/2018 UKK dijadwalkan paling akhir setelah pelaksanaan USBN dan UNBK. Hal ini sesuai dengan POS UKK dan edaran dari Kantor pendidikan dan kebudayaan tingkat propinsi Jawa tengah. Dengan persiapan yang cukup lama diharapkan pelaksanaan UKK dapat lebih baik.
Persiapan Alat ukur dan alat penunjang UKK
Peserta UKK program keahlian Teknik Kendaraan Ringan berjumlah 57 peserta. Setiap hari akan diujikan 5 – 6 peserta. Menurut kepala Program Keahlian TKR Baroto Wibowo ST mengatakan , “ Untuk meningkatkan kenyamanan selama ujian Bengkel otomotif selalu dijaga kebersihannya, sehingga peserta dapat serius dan sungguh-sungguh selama mengikuti Ujian.”

Proses pelaksanaan UKK diawali dengan pengajuan proposal UKK yang harus diverivikasi dan validasi oleh Pengawas SMK. Selanjutnya Pengawas SMK akan melaksanakan supervisi untuk mengvalidasi dan verivikasi alat, bahan dan kesiapan administrasi yang dibutuhkan selama UKK.
Penguji UKK terdiri dari dua elemen yaitu penguji  internal dari guru pengampu mata pelajaran produktif. Elemen kedua yaitu penguji eksternal dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Siswa yang dapat lulus Ujian Kompetensi Keahlian akan diberikan Sertifikat Keahlian. Sedangkan Siswa yang belum lulus UKK akan diberikan surat keterangan mengikuti UKK. Semoga UKK 2018 dapat sukses. Amien.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar