Kelompok mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan (C.1
Dasar Bidang Keahlian)
a. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Simdig
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi
Digital
(Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran: Simulasi
dan Komunikasi Digital
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami
logika dan algoritma komputer
|
4.1
Menggunakan
fungsi-fungsi Perintah (Command)
|
6
|
TIK.PR02.001.01
|
Programmer Komputer
|
3.2
Menerapkan
metode peta minda
|
4.2
Membuat
peta-minda
|
3
|
Hanya sebatas pengetahuan
dasar, tidak perlu diujikan
|
|
3.3
Menentukan
paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
|
4.3
Memformat
dokumen pengolah kata
|
6
|
TIK.OP02.004.01
TIK.OP02.012.01
TIK.JK01.008.01
|
●
Operator
Komputer
●
Jaringan
Komputer dan Sistem Administrasi
|
3.4
Menerapkan
logika, dan operasi perhitungan data
|
4.4
Mengoperasikan
perangkat lunak pengolah angka
|
9
|
TIK.OP02.005.01
TIK.OP02.013.01
|
●
Operator
Komputer
|
3.5
Menerapkan
fitur yang tepat untuk pembuatan slide
|
4.5
Membuat
slide presentasi
|
9
|
TIK.OP02.011.01
TIK.CS01.002.01
TIK.CS01.001.01
|
●
Operator
Komputer
●
CTC
|
3.6
Menyeleksi
teknik presentasi yang efektif
|
4.6
Melakukan
presentasi yang efektif
|
6
|
TIK.CS01.001.01
|
CTC
|
3.7
Menerapkan
cara pembuatan E-book
|
4.7
Menyusun
E-book dengan perangkat lunak E-book Editor
|
6
|
Hanya sebatas pengetahuan
dasar, tidak perlu diujikan
|
|
4.8
Menerapkan
(mencoba) etika Kewargaan Digital
|
3
|
TIK.OP02.014.01
TIK.JK01.004.01
TIK.CS01.011.01
|
●
Operator
Komputer
●
Jaringan
Komputer dan Sistem Administrasi
●
CTC
|
|
3.9
Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
4.9
Melakukan
penelusuran informasi
|
6
|
TIK.OP02.006.01
|
Operator Komputer
|
3.10
Menerapkan
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan.
|
4.10
Melakukan
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
9
|
TIK.OP02.006.01
|
Operator Komputer
|
3.11
Menilai
fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
4.11
Melakukan
pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) sebagai peserta
|
9
|
Hanya sebatas pengetahuan
dasar, tidak perlu diujikan
|
|
3.12
Merancang
dokumen tahap pra-produksi.
|
4.12
Membuat
dokumen tahap pra-produksi
|
12
|
TIK.JK01.007.01
TIK.JK01.008.01
TIK.MM01.001.01
TIK.MM01.008.01
TIK.MM02.002.01
TIK.MM02.005.01
|
●
Jaringan
Komputer dan Sistem Administrasi
●
Multimedia
|
3.13
Menerapkan
proses produksi video, animasi dan/atau musik digital.
|
4.13
Memroduksi
video dan/atau animasi dan/atau musik digital
|
15
|
TIK.CS02.006.01
TIK.MM01.009.01
|
●
CTC
●
Multimedia
|
3.14
Menerapkan
tahapan pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital.
|
4.14
Melakukan
pekerjaan tahapan pasca-produksi
|
9
|
TIK.MM01.007.01
TIK.MM02.004.01
|
Multimedia
|
JUMLAH
JAM
|
108
|
b. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Fisika
Kelas X:
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang
pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisika
pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan
notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
|
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan
teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.
|
8
|
3.2 Mengevaluasi gerak lurus dan gerak melingkar dengan kelajuan tetap atau percepatan tetap dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.2 Menyajikan hasil percobaan gerak lurus dan gerak melingkar dalam bentuk
grafik/tabel pada bidang teknologi dan rekayasa.
|
12
|
3.3 Menganalisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum-hukum Newton
|
4.3 Menggunakan alat-alat sederhana yang berhubungan dengan hukum Newton
tentang gerak.
|
8
|
3.4 Menganalisis hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi
|
4.4 Menyajikan ide/gagasan dampak keterbatasan sumber energi bagi kehidupan
dan upaya penanggulannya dengan energi terbarukan
|
8
|
3.5 Menerapkan konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum
|
4.5 Mendemonstrasikan
berbagai jenis tumbukan
|
8
|
3.6 Menerapkan
konsep torsi, momen inersia, dan momentum sudut pada benda tegar dalam bidang
teknologi dan rekayasa
|
4.6 Melakukan
percobaan sederhana tentang momentum sudut dan rotasi benda tegar
|
8
|
3.7 Menganalisis kekuatan bahan dari sifat elastisitasnya
|
4.7 Menyelesaikan masalah
teknis dalam bidang teknologi terkait dengan elastisitas bahan
|
8
|
3.8 Menerapkan hukum-hukum yang berkaitan dengan fluida statis dan dinamis
|
4.8 Melakukan percobaan sederhana yang berkaitan dengan hukum-hukum fluida
statis dan dinamis
|
12
|
3.9 Menganalisis getaran, gelombang dan bunyi
|
4.9 Menyajikan penggunaan gelombang bunyi dalam teknologi. (Misalnya : dalam
pengujian menggunakan Non Distructive Testing)
|
8
|
3.10 Memahami
teori bumi dan atmosfer pada teknik geomatika.*
|
4.10
Mendiskusikan teori bumi dan atmosfer
terkait dengan aplikasi pada teknik geomatika.*
|
4
|
3.11 Menganalisis proses
pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan
kalor.
|
4.11
Menggunakan
alat sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor.
|
12
|
3.12
Menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
4.12 Menunjukkan cara kerja alat sederhana yang berhubungan dengan
termodinamika.
|
8
|
3.13
Menerapkan
listrik statis dan listrik dinamis.
|
4.13 Melakukan percobaan
terkait listrik statis dan listrik dinamis
|
12
|
3.14
Menerapkan
hukum-hukum kemagnetan dalam persoalan sehari-hari.
|
4.14 Mendemonstrasikan
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet.
|
8
|
3.15
Menganalisis
rangkaian listrik arus bolak balik (AC).
|
4.15 Memecahkan masalah
teknologi yang berkaitan dengan listrik arus bolak balik (AC).
|
8
|
3.16
Menerapkan
sifat cermin dan lensa pada alat–alat optik.*
|
4.16 Merencanakan pembuatan
alat-alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan pada cermin
dan pembiasan pada lensa.*
|
8
|
3.17
Memahami
gejala radioaktivitas yang terkait dengan teknik geomatika.*
|
4.17 Menentukan aplikasi
radioaktivitas pada teknik geomatika.*
|
4
|
Jumlah
|
144
|
c. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Kimia
Kelas X:
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
5.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang
pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian kimia
teknologi rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
6. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian kimia teknologi rekayasa
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menganalisis
perubahan
materi dan pemisahan campuran dengan berbagai cara
|
4.1
Melakukan pemisahan campuran
melalui praktikum
berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
|
9
JP
|
3.2 Menganalisis
lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi
|
4.2 Mengintegrasikan
penulisan lambang unsur dengan rumus kimia pada persamaan reaksi kimia
berdasarkan kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari
|
9
JP
|
3.3
Mengkorelasikan struktur atom berdasarkan
konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
|
4.3
Menentukan letak unsur dalam tabel
periodik berdasarkan konfigurasi elektron
|
9
JP
|
3.4
Menganalisis
proses pembentukan ikatan kimia
pada
beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
|
4.4
Mengintegrasikan
proses pembentukan ikatan kimia pada
beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari dengan elektron valensi atom atom penyusunnya
|
9
JP
|
3.5
Menerapkan
hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
|
4.5
Menggunakan
hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
|
9
JP
|
3.6
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam
basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
4.6
Membandingkan
sifat
sifat larutan melalui
praktikum berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam
lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
15
JP
|
3.7
Menentukan bilangan oksidasi unsur untuk
mengidentifikasi reaksi oksidasi dan reduksi
|
4.7
Membandingkan antara reaksi oksidasi dengan reaksi reduksi berdasarkan
hasil perhitungan bilangan oksidasinya
|
9
JP
|
3.8
Mengevaluasi
proses yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel
volta dan sel eletrolisa, proses pelapisan logam) yang digunakan dalam
kehidupan
|
4.8
Mengintegrasikan
antara hasil perhitungan E0
sel dengan proses yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0
sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel eletrolisa, proses pelapisan logam)
reaksi yang digunakan dalam kehidupan
|
12
JP
|
3.9
Menganalisis
struktur, sifat senyawa hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
|
4.9
Mengatasi
dampak pembakaran senyawa
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan berdasarkan hasil analisis
struktur, sifat senyawa hidrokarbon
|
12
JP
|
3.10
Menganalisis
proses teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
|
4.10 Mempresentasikan proses
teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
|
6
JP
|
3.11
Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan
polimer
|
4.11
Mengintegrasikan kegunaan polimer dalam kehidupan
sehari hari dengan struktur, tata nama, sifat, penggolongan polimer
|
9
JP
|
Total Jam Pelajaran
|
108
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar