Kamis, 24 Agustus 2017

Muatan Peminatan Kejuruan C1 Kurikulum 2013 tahun 2017

Kelompok mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan (C.1 Dasar Bidang Keahlian)
a.    Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Simdig
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Mata Pelajaran: Simulasi dan Komunikasi Digital
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Memahami logika dan algoritma komputer
4.1      Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)
6
TIK.PR02.001.01
Programmer Komputer
3.2      Menerapkan metode peta minda
4.2      Membuat peta-minda
3
Hanya sebatas pengetahuan dasar, tidak perlu diujikan

3.3      Menentukan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
4.3      Memformat dokumen pengolah kata
6
TIK.OP02.004.01
TIK.OP02.012.01
TIK.JK01.008.01

     Operator Komputer
     Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi

3.4      Menerapkan logika, dan operasi perhitungan data
4.4      Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
9
TIK.OP02.005.01
TIK.OP02.013.01
     Operator Komputer

3.5      Menerapkan fitur yang tepat untuk pembuatan slide
4.5      Membuat slide presentasi
9
TIK.OP02.011.01
TIK.CS01.002.01
TIK.CS01.001.01
     Operator Komputer
     CTC
3.6      Menyeleksi teknik presentasi yang efektif
4.6      Melakukan presentasi yang efektif
6
TIK.CS01.001.01
CTC
3.7      Menerapkan cara pembuatan E-book
4.7      Menyusun E-book dengan perangkat lunak E-book Editor
6
Hanya sebatas pengetahuan dasar, tidak perlu diujikan

3.8      Memahami konsep Kewargaan Digital
4.8      Menerapkan (mencoba) etika Kewargaan Digital
3
TIK.OP02.014.01
TIK.JK01.004.01
TIK.CS01.011.01
     Operator Komputer
     Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
     CTC
3.9      Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
4.9      Melakukan penelusuran informasi
6
TIK.OP02.006.01
Operator Komputer
3.10    Menerapkan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan.
4.10    Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
9
TIK.OP02.006.01
Operator Komputer

3.11    Menilai fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11    Melakukan pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) sebagai peserta
9
Hanya sebatas pengetahuan dasar, tidak perlu diujikan

3.12    Merancang dokumen tahap pra-produksi.
4.12    Membuat dokumen tahap pra-produksi
12
TIK.JK01.007.01
TIK.JK01.008.01
TIK.MM01.001.01
TIK.MM01.008.01
TIK.MM02.002.01
TIK.MM02.005.01

     Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
     Multimedia
3.13    Menerapkan proses produksi video, animasi dan/atau musik digital.
4.13    Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
15
TIK.CS02.006.01
TIK.MM01.009.01
     CTC
     Multimedia
3.14    Menerapkan tahapan pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital.
4.14    Melakukan pekerjaan tahapan pasca-produksi
9
TIK.MM01.007.01
TIK.MM02.004.01
Multimedia
JUMLAH JAM
108



b.    Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Fisika
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1      Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan  notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
   4.1   Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.
8
3.2      Mengevaluasi gerak lurus dan gerak melingkar dengan kelajuan tetap atau percepatan tetap dalam kehidupan sehari-hari.
   4.2   Menyajikan hasil percobaan gerak lurus dan gerak melingkar dalam bentuk grafik/tabel pada bidang teknologi dan rekayasa.
12
3.3      Menganalisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum-hukum Newton
   4.3   Menggunakan alat-alat sederhana yang berhubungan dengan hukum Newton tentang gerak.
8
3.4      Menganalisis hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi
   4.4   Menyajikan ide/gagasan dampak keterbatasan sumber energi bagi kehidupan dan upaya penanggulannya dengan energi terbarukan
8
3.5      Menerapkan konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum
   4.5   Mendemonstrasikan berbagai jenis tumbukan
8
3.6      Menerapkan konsep torsi, momen inersia, dan momentum sudut pada benda tegar dalam bidang teknologi dan rekayasa
   4.6   Melakukan percobaan sederhana tentang momentum sudut dan rotasi benda tegar
8
3.7      Menganalisis kekuatan bahan dari sifat elastisitasnya
   4.7   Menyelesaikan masalah teknis dalam bidang teknologi terkait dengan elastisitas bahan
8
3.8      Menerapkan hukum-hukum yang berkaitan dengan fluida statis dan dinamis
   4.8   Melakukan percobaan sederhana yang berkaitan dengan hukum-hukum fluida statis dan dinamis
12
3.9      Menganalisis getaran, gelombang dan bunyi
   4.9   Menyajikan penggunaan gelombang bunyi dalam teknologi. (Misalnya : dalam pengujian menggunakan Non Distructive Testing)
8
3.10  Memahami teori bumi dan atmosfer pada teknik geomatika.*
4.10   Mendiskusikan teori bumi dan atmosfer terkait dengan aplikasi pada teknik geomatika.*
4
3.11  Menganalisis proses pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan kalor.
4.11   Menggunakan alat sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor.
12
3.12  Menerapkan hukum-hukum termodinamika
4.12   Menunjukkan cara kerja alat sederhana yang berhubungan dengan termodinamika.
8
3.13  Menerapkan listrik statis dan listrik dinamis.
4.13   Melakukan percobaan terkait listrik statis dan listrik dinamis
12
3.14  Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dalam persoalan sehari-hari.
4.14   Mendemonstrasikan percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet.
8
3.15  Menganalisis rangkaian listrik arus bolak balik (AC).
4.15   Memecahkan masalah teknologi yang berkaitan dengan listrik arus bolak balik (AC).
8
3.16  Menerapkan sifat cermin dan lensa pada alat–alat optik.*
4.16   Merencanakan pembuatan alat-alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan pada cermin dan pembiasan pada lensa.*
8
3.17  Memahami gejala radioaktivitas yang terkait dengan teknik geomatika.*
4.17   Menentukan aplikasi radioaktivitas pada teknik geomatika.*
4
Jumlah
144

c.    Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Kimia
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
5.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian kimia teknologi rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
6.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian kimia teknologi rekayasa
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1      Menganalisis perubahan materi dan pemisahan campuran dengan berbagai cara
4.1      Melakukan pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
9 JP
3.2      Menganalisis lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi
4.2      Mengintegrasikan penulisan lambang unsur dengan rumus kimia pada persamaan reaksi kimia berdasarkan kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari
9 JP
3.3      Mengkorelasikan struktur atom berdasarkan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
4.3      Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
9 JP
3.4      Menganalisis proses pembentukan ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
4.4      Mengintegrasikan proses pembentukan ikatan kimia  pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari dengan  elektron valensi atom atom penyusunnya
9 JP
3.5      Menerapkan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
4.5      Menggunakan hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
9 JP
3.6      Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah)  dalam kehidupan sehari hari
4.6      Membandingkan  sifat sifat larutan melalui praktikum berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
15 JP
3.7      Menentukan bilangan oksidasi unsur untuk mengidentifikasi reaksi oksidasi dan reduksi
4.7      Membandingkan antara reaksi  oksidasi dengan reaksi reduksi berdasarkan hasil perhitungan bilangan oksidasinya
9 JP
3.8      Mengevaluasi proses yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel eletrolisa, proses pelapisan logam) yang digunakan dalam kehidupan
4.8      Mengintegrasikan antara hasil perhitungan  E0 sel dengan proses yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel eletrolisa, proses pelapisan logam) reaksi yang digunakan dalam kehidupan
12 JP
3.9      Menganalisis struktur, sifat senyawa hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
4.9      Mengatasi  dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan berdasarkan hasil analisis struktur, sifat senyawa hidrokarbon
12 JP
3.10    Menganalisis proses teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
4.10   Mempresentasikan proses teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
6 JP
3.11       Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer
4.11   Mengintegrasikan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari hari dengan struktur, tata nama, sifat,  penggolongan polimer
9 JP
Total Jam Pelajaran
108

Tidak ada komentar:

Posting Komentar