Kelompok mata pelajaran Muatan Kewilayahan
a. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Seni Budaya
Kelas X:
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Seni Budaya pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan
bidang kajian/kerja Seni Budaya.
Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Memahami konsep
budaya
|
4.1.
Mempresentasikan konsep budaya
|
9
|
3.2 Memahami konsep
seni
|
4.2.
Mempresentasikan konsep seni
|
9
|
3.3 Memahami konsep
keindahan
|
4.3.
Mempresentasikan konsep keindahan
|
9
|
3.4.
Menganalisis jenis, fungsi
dan unsur seni budaya Nusantara
|
4.4
Memilah jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara
|
9
|
3.5
Menganalisis perkembangan seni budaya Nusantara
|
4.5 Merumuskan
perkembangan seni budaya Nusantara
|
9
|
3.6
Menerapkan apresiasi seni budaya Nusantara
|
4.6
Melaksanakan apresiasi seni
budaya Nusantara
|
9
|
3.7
Menerapkan apresiasi seni budaya mancanegara
|
4.7
Melaksanakan apresiasi seni
budaya mancanegara
|
12
|
3.8
Menganalisis karya seni budaya Nusantara
|
4.8
Mengeksplorasi karya seni budaya Nusantara
|
12
|
3.9
Mengevaluasi karya seni budaya Nusantara
|
4.9
Mempresentasikan
hasil evaluasi karya seni budaya Nusantara
|
15
|
4.10 Merancang karya seni budaya Nusantara
|
4.10 Mengkreasi karya seni budaya Nusantara
|
15
|
Jumlah
Jam Pelajaran (JP)
|
108
|
b. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Penjasorkes
Kelas X:
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
5.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
6. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan
bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
4.1 Mempraktikan teknik dasar
salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik
|
12
|
3.2
Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan
bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
4.2 Mempraktikan teknik dasar
salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan
koordinasi gerak
|
10
|
3.3
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk
menghasilkan gerak yang efektif
|
4.3
Mempraktikan
salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang
efektif
|
8
|
3.4
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas olahraga
beladiri untuk menghasilkan gerak yang
efektif
|
4.4
Mempraktikan
salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
8
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar