Kamis, 24 Agustus 2017

Muatan Wilayah Kurikulum 2013

Kelompok mata pelajaran Muatan Kewilayahan
a.    Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Seni Budaya
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Seni Budaya pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Seni Budaya.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.





KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1      Memahami konsep budaya
4.1.     Mempresentasikan konsep budaya
9
3.2   Memahami konsep
      seni
4.2.     Mempresentasikan konsep seni
9
3.3      Memahami konsep keindahan
4.3.     Mempresentasikan konsep keindahan
9
3.4.        Menganalisis jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara
4.4          Memilah jenis, fungsi dan unsur seni budaya Nusantara
9
3.5          Menganalisis perkembangan seni budaya Nusantara
4.5    Merumuskan perkembangan seni  budaya Nusantara
9
3.6          Menerapkan apresiasi seni budaya Nusantara
4.6          Melaksanakan apresiasi seni budaya Nusantara

9
3.7          Menerapkan apresiasi seni budaya mancanegara
4.7   Melaksanakan apresiasi seni  budaya mancanegara
12
3.8          Menganalisis karya seni budaya Nusantara

4.8    Mengeksplorasi karya seni budaya Nusantara
12
3.9          Mengevaluasi karya seni budaya Nusantara
4.9          Mempresentasikan  hasil evaluasi karya seni budaya Nusantara
15
4.10     Merancang karya seni  budaya Nusantara
4.10  Mengkreasi karya seni budaya Nusantara
15
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
108




b.    Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Penjasorkes
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
5.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
6.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1      Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.1      Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
12
3.2      Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.2      Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
10
3.3      Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.3      Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.4      Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri  untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.4      Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri  untuk menghasilkan gerak yang efektif
8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar