C.1. Deskripsi KI
dan KD Mata Pelajaran Muatan Nasional (A)
a.
Kompetensi Dasar Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP
SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP
SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat,
penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Membaca
al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
adalah perintah agama
|
2.1 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al- Hujurat (49):
10 dan 12 serta Hadis terkait
|
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama
|
2.2 Menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S.
al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait
|
1.3 Meyakini
bahwa Allah Maha Mulia, Maha Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
|
2.3 Memiliki
sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil
sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
1.4 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah swt.
|
2.4 Menunjukkan
sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman
kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
1.5 Terbiasa
berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
2.5 Menunjukkan
perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
1.6 Meyakini
bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
2.6 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
1.7 Meyakini
bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya
|
2.7 Memiliki
sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah (9):
122 dan Hadis terkait
|
1.8 Meyakini
al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
2.8 Menunjukkan
perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap
kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
1.9 Meyakini
bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan
bagi individu dan masyarakat
|
2.9 Menunjukkan
kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf
|
1.10 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
2.10 Bersikap
tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah
strategi dakwah Nabi di Makkah
|
1.11 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
2.11 Menunjukkan
sikap semangat ukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi
dakwah Nabi di Madinah
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian pada tingkat teknis,
spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan
alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan
masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak,
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir,
menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10
dan 12 serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4.1.1 Membaca
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12
dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan
keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis
terkait
|
12 JP
|
3.2 Menganalisis
Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
4.2.1 Membaca
Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih
dan lancar
4.2.3 Menyajikan
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai
pesan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2
|
12 JP
|
3.3 Menganalisis
makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 Menyajikan
hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa
aman, tawakal dan perilaku adil
|
12 JP
|
3.4 Menganalisis
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
4.4 Mempresentasikan
hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku
teliti, disiplin, dan waspada
|
12 JP
|
3.5 Menerapkan
ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
4.5 Mempraktikkan
tata cara berpakaian sesuai syariat Islam
|
6 JP
|
3.6 Memahami
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaksanakan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
6 JP
|
3.7 Menganalisis
kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama
|
4.7 Menyajikan
kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S.
at-Taubah (9): 122 dan Hadis
|
12 JP
|
3.8 Menganalisis
kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
|
4.8 Menentukan
suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
|
12 JP
|
3.9 Menganalisis
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
4.9 Menyimulasikan
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
12 JP
|
3.10 Menganalisis
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di
Makkah
|
4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
6 JP
|
3.11 Menganalisis
strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
4.11 Mempresentasikan
dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
6
JP
|
b. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran PPKn
Kelas X:
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
|
5.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
6.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian
secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
2.1 Menunjukkan sikap
gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
|
1.2 Menerima ketentuan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang warga Negara,
penduduk, agama dan kepercayaan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang
Maha Esa
|
2.2 Peduli terhadap
penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
yang mengatur tentang warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan
|
|
1.3 Menerima ketentuan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara dan
pertahanan keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
|
2.3 Peduli terhadap upaya pertahanan dan keamanan wilayah
Negara Indonesia
|
|
1.4 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa
|
|
|
1.5 Menghormati
hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.5 Peduli terhadap
hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
|
|
1.6 Menerima hakekat
bangsa dan Negara sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.6 Peduli terhadap
hakekat bangsa dan Negara
|
|
1.7 Mensyukuri
nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa
|
2.7 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
|
1.8 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
2.8 Responsif terhadap ancaman negara dan upaya
penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
|
1.9 Menghargai wawasan nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.9 Bertanggung jawab mengembangkan kesadaran
akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian PPKn
pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian PPKn
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI WAKTU
( JP )
|
3.1
Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
|
4.1
Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
|
8
|
3.2
Menelaah ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
yang mengatur tentang warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa
|
4.2
Mempresentasikan hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang warga negara, penduduk, agama dan
kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
8
|
3.3
Menelaah ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
yang mengatur tentang wilayah Negara dan pertahanan keamanan.
|
4.3
Mempresentasikan hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara dan
pertahanan keamanan.
|
8
|
3.4
Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
4.4
Mempresentasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga
Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
8
|
3.5
Menganalisis hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
4.5
Melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan
pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
8
|
3.
6Memahami hakekat bangsa dan Negara
|
4.6 Mengulas hakekat bangsa dan negara
|
8
|
3.7
Memahami faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.7
Mempraktikkan
faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
8
|
3.8
Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang
ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.8
Memecahkan masalah tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan
keamanan dalam bingkai Bhineka Tunggal
Ika
|
8
|
3.9
Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
4.9
Mempresentasikan hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
7
|
c. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas X:
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
5.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian bahasa
Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
6. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
(JP)
|
3.1
Memahami laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
|
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan berdasarkan
interpretasi baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.2
Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.2 Mengonstruksikan teks
laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek
kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.3
Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan yang
didengar dan atau dibaca
|
4.3
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan secara
lisan dan/tulis
|
8
|
3.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.4 Mengonstruksikan teks
eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
8
|
3.5
Menganalisis teks anekdot dari aspek
makna tersirat
|
4.5 Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.6
Mengevaluasi struktur dan kebahasaan
teks anekdot
|
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis.
|
8
|
3.7
Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang
terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
|
4.7 Menceritakan kembali isi
cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
|
8
|
3.8
Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
|
4.8 Mengembangkan cerita
rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai
|
8
|
3.9
Menguraikan butir-butir penting dari
dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari
dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
|
8
|
3.10
Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan lisan
maupun tertulis
|
4.10 Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
secara lisan atau tulis
|
8
|
3.11
Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi,
pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan
kebahasaan
|
8
|
3.12
Menganalisis permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak dan
simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi
dari debat
|
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan
dengan bidang pekerjaan
secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
|
8
|
3.13
Menganalisis isi debat berkaitan
dengan bidang pekerjaan
(permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan simpulan )
|
4.13
Mengembangkan
permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.14
Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani
dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.14 Menyajikan hal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang dibaca secara tertulis
|
8
|
3.15
Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.15 Membuat teks biografi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.16
Menganalisis suasana, tema, dan makna
beberapa puisi yang terkandung dalam
antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.16 Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
8
|
3.17
Menganalisis unsur pembangun puisi
|
4.17 Menulis puisi dengan
memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur,
perwajahan)
|
8
|
3.18
Menganalisis
isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18
Menyajikan replikasi isi buku
ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
|
8
|
d. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Matematika
Kelas X:
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
7.
Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian matematika pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional.
|
8. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.19
Menerapkan konsep bilangan
berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.19 Menyajikan
penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.20
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel
|
4.2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel
|
12
|
3.21
Menentukan
nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
|
4.3. Menyajikan penyelesaian masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
|
3.22
Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyajikan
penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua
variabel
|
16
|
3.23
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
8
|
3.24
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
12
|
3.25
Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga
dan anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan,
peluruhan, bunga dan anuitas
|
12
|
3.26
Menentukan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
|
4.8 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku
|
8
|
3.27
Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai
kuadran
|
4.9
Menyajikan penyelesaian masalah nilai sudut
berelasi diberbagai kuadran
|
4
|
3.28
Menentukan koordinat kartesius menjadi
koordinat kutub dan sebaliknya
|
4.10
Menyajikan penyelesaian masalah perubahan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4
|
3.29
Menerapkan nilai perbandingan trigonometri
pada grafik fungsi trigonometri
|
4.11
Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.30
Menerapkan aturan sinus dan kosinus
|
4.12
Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan
aturan sinus dan kosinus
|
8
|
3.31
Menentukan luas segitiga pada trigonometri
|
4.13
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
|
4
|
3.32
Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah
dan selisih dua sudut
|
4.14
Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus
jumlah dan selisih dua sudut
|
12
|
3.33
Menerapkan operasi matriks dalam
menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.15 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan matriks
|
10
|
3.34
Menetukan nilai determinan, invers dan
tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.16 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai
determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
10
|
e. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Sejarah Indonesia
Kelas X:
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1
Memahami konsep dasar sejarah (berpikir kronologis,
diakronik, sinkronik, ruang dan
waktu serta perubahan
dan keberlanjutan)
|
4.1
Menyajikan
hasil pemahaman tentang konsep
dasar sejarah (berpikir kronologis,
diakronik, sinkronik, ruang dan
waktu serta perubahan
dan keberlanjutan)
|
3.2 Menganalisis
kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya
masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
4.2 Menyajikan informasi mengenai manusia dan
hasil-hasil budaya khususnya
masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
3.3 Menganalisis berbagai teori tentang
proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta
pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
Indonesia (pemerintahan,
budaya)
|
4.3 Membuat tulisan tentang berbagai teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha
serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
3.4 Menganalisis berbagai
teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
4.4
Menyajikan
hasil analisis
berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
3.5
Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis,
Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
|
4.5
Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa
Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah
|
3.6
Menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada
masa penjajahan bangsa Eropa dan Jepang dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini
|
4.6 Menalar
dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan
bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa
Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
3.7
Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan
sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
4.7
Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial,
budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
3.8
Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan
|
4.8
Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
3.9
Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI
|
4.9
Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI
|
3.10 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi
Terpimpin
|
4.10
Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Terpimpin
|
3.11 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa orde baru sampai dengan awal Reformasi
serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia
|
4.11
Melakukan penelitian sederhana tentang perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa orde baru sampai dengan awal Reformasi
serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia
|
3.12
Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA,
Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta
Informal Meeting
|
4.12 Menyajikan hasil telaah tentang peran
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
3.13
Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.13
Membuat studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai
dengan Reformasi)
|
f. Deskripsi KI dan KD mata pelajaran Bahasa Inggris dan
Bahasa asing lainnnya
Kelas X:
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU (JP)
|
3.35
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja.(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.20 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di
dunia kerja.
|
6
|
3.36
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.21 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sederhana yang melibatkan tindakan
memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di dunia
kerja.
|
6
|
3.37
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
|
4.22 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks dunia kerja.
|
6
|
3.38
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana
terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia
kerja.
|
4.4. Teks deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait orang, benda dan
tempat.
4.4.2 Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda
dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.39
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5
Teks Pemberitahuan (Announcement)
4.5.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement), lisan
dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.40
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
9
|
3.41
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.7
Teks Recount
– peristiwa/pengalaman
4.7.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks recount lisan dan
tulis terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja.
4.7.2
Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman
di tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.42
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait
legenda rakyat
|
9
|
3.43
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan should, can)
|
4.9
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.44
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait
kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.10 Teks Surat Pribadi
4.10.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri
sendiri dan orang sekitarnya
4.10.2 Menyusun teks khusus
dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.45
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.11 signs Teks memo, menu, schedule dan.
4.11.1Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus dalam bentuk memo, menu,
schedule dan signs.
4.11.2 secara benar dan
Menyusun teks khusus dalam bentuk memo,
menu, schedule dan signs lisan
dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan sesuai konteks.
|
12
|
3.46
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan kata sifat
sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
|
4.12 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
Kelas XI
|
||
3.47
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi tentang petunjuk arah (direction)
sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.13 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi tentang petunjuk arah (direction)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
|
9
|
3.48
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple
routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.14 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
9
|
3.49
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.15 Taking phone message
4.15.1Menangkap makna
secara kontekstual pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja.
4.15.2Mencatat teks pesan
sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
dunia kerja.
|
12
|
3.50
Membedakan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.16 Teks biografi tokoh
4.16.1Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
biografi tokoh lisan dan tulis
4.16.2Menyusun teks
biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.51
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.17 Teks eksposisi analitis
4.17.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks eksposisi analitis lisan
dan tulis, terkait isu aktual
4.17.2Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu
aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.52
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
passive voice)
|
4.18 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
12 JP
|
3.53
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan because of ..., due to ...,
thanks to ...)
|
4.19 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan
sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
9
|
3.54
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup
dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.20 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di
kelas XI
|
12
|
3.55
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.21 Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam
konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
12
|
3.56
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.22 Menyusun teks interaksi transaksional tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan
sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.57
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report
presentation)
|
4.23 Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.58
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan May I help you?, What can I
do for you? What if ...?)
|
4.24 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4
|
3.59
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips),
pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
|
4.25 Teks Prosedur
4.25.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)
4.25.2Menyusun
teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan
teknologi dan kiat-kiat (tips),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.60
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.26 Surat Lamaran Kerja
4.26.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi nsure, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja
4.26.2 Menyusun teks khusus
surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja,
dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.61
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.27 Teks Undangan Resmi
4.27.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.27.2 Menyusun teks khusus
dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat
kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.62
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.28 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana
koran/radio/TV
|
6
|
3.63
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)
|
4.29 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.64
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
|
4.30 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
6
|
Jumlah
|
256
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar