BAB
II
STRUTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
SMK PGRI 1 SURAKARTA
A.
Standar
Kompetensi Lulusan
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun
2016 tentang Standar Kompetensi
Lulusan Pendidikan dasar dan menengah, setelah
berhasil menamatkan pendidikan di SMK PGRI 1 Surakarta Program
Keahlian Teknik Pemesinan, peserta didik:
1. Dimensi Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap :
a.
beriman dan bertakwa kepada Tuhan
YME,
b.
berkarakter, jujur, dan peduli,
c.
bertanggungjawab,
d. pembelajar
sejati sepanjang hayat, dan
e. sehat
jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan
keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan
regional, dan internasional.
2. Dimensi Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks
berkenaan dengan:
a. ilmu pengetahuan,
b. teknologi,
c. seni,
d. budaya, dan
e. humaniora.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks
diri sendiri, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, serta kawasan
regional dan internasional.
Istilah
pengetahuan Faktual, Konseptual,
Prosedural, dan Metakognitif pada
masing-masing SMK PGRI 1 Surakarta dijelaskan pada
matriks berikut :
a. Faktual
Pengetahuan teknis dan
spesifik, detail dan kompleks berkenaan
dengan
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya terkait dengan
masyarakat dan
lingkungan alam sekitar,
bangsa,negara, kawasan regional, dan internasional.
b. Konseptual
Terminologi/istilah dan
klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, teori,model, dan
struktur yang digunakan terkait
dengan pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya
terkait dengan masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan internasional.
c. Prosedural
Pengetahuan tentang cara
melakukan sesuatu atau kegiatan yang
terkait dengan pengetahuan
teknis, spesifik, algoritma, metode, dan kriteria untuk
menentukan prosedur yang
sesuai berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, terkait dengan masyarakat dan
lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.
d. Metakognitif
Pengetahuan tentang kekuatan
dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya
dalam mempelajari pengetahuan
teknis, detail, spesifik, kompleks, kontekstual dan kondisional berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
terkait dengan masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan internasional.
3. Dimensi Ketrampilan
Lulusan SMK PGRI 1 Surakarta
setelah lulus memiliki dimensi ketrampilan berpikir dan bertindak sebagai
berikut :
a. kreatif,
b. produktif,
c. kritis,
d.
mandiri,
e.
kolaboratif, dan
f.
komunikatif
Melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di SMK PGRI 1 Surakarta dan sumber lain secara mandiri.
Gradasi untuk
dimensi sikap, pengetahuan,
dan keterampilan antar
jenjang pendidikan memperhatikan:
a. perkembangan psikologis anak;
b. lingkup dan kedalaman;
c. kesinambungan;
d. fungsi SMK PGRI 1 Surakarta; dan
e. lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar