Kamis, 24 Agustus 2017

Standar Kompetensi Kurikulum 2013 tahun 2017

BAB II
STRUTUR DAN MUATAN KURIKULUM
SMK PGRI 1 SURAKARTA

A.   Standar Kompetensi Lulusan

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar      Kompetensi Lulusan Pendidikan dasar dan menengah, setelah berhasil menamatkan pendidikan di SMK PGRI 1 Surakarta Program Keahlian Teknik Pemesinan, peserta didik:
1.    Dimensi Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap :
a.  beriman  dan bertakwa kepada Tuhan YME, 
b.  berkarakter, jujur, dan peduli,
c.  bertanggungjawab,
d.  pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
e.  sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan  
     keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
     kawasan regional, dan internasional.

2.    Dimensi Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: 
a. ilmu pengetahuan,
b. teknologi, 
c. seni, 
d. budaya, dan 
e. humaniora.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan
regional dan internasional.
Istilah  pengetahuan  Faktual,  Konseptual,  Prosedural,  dan Metakognitif  pada
masing-masing SMK PGRI 1 Surakarta dijelaskan pada matriks berikut :
a.    Faktual
Pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan  kompleks berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan  masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa,negara, kawasan regional, dan internasional.
b.    Konseptual
Terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, teori,model, dan
struktur yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan   kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,  kawasan regional, dan internasional.


c.    Prosedural
Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang
terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode, dan kriteria untuk
menentukan prosedur yang sesuai  berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara,  kawasan regional, dan internasional. 
d.    Metakognitif
Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya
dalam mempelajari pengetahuan teknis, detail, spesifik, kompleks, kontekstual dan kondisional berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan internasional.
3.    Dimensi Ketrampilan
Lulusan SMK PGRI 1 Surakarta setelah lulus memiliki dimensi ketrampilan berpikir dan bertindak sebagai berikut :
a.  kreatif,
b.  produktif, 
c.  kritis, 
d.  mandiri, 
e.  kolaboratif, dan
f.  komunikatif
Melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di SMK PGRI 1 Surakarta dan sumber lain secara mandiri.
Gradasi  untuk  dimensi  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  antar  jenjang pendidikan memperhatikan:
a.  perkembangan psikologis anak;
b.  lingkup dan kedalaman;
c.  kesinambungan;
d.  fungsi SMK PGRI 1 Surakarta; dan

e.  lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar